TIPS MEMULAI USAHA BISNIS KULINER

Setelah beberapa saat lalu fokus dalam memposting berbagai resep yang sering kita temui di masyarakat, kali ini Bale Kuliner mencoba memposting berbagai Tips terkait bisnis kuliner yang sekarang makin menjamur di masyarakat. Di Kota Sabang yang tergolong kota kecil yang terletak di pulau terluar Indonesia pun tidak terkecuali, tiap minggu bermunculan tempat kuliner baru.

Semakin banyak pasangan muda yang berkarir di luar rumah membuat mereka kehilangan waktu menyediakan makanan sendiri dirumah, kondisi ini member kesempatan lapangan usaha kepada pihak lain terutama para pengiat kuliner. Melihat peluang tersebut, maka tak heran jika kini banyak sekali bermunculan restoran atau rumah makan yang menawarkan berbagai jenis hidangan lezat. Memang pada kenyataannya bisnis ini sangat menjanjikan.

Dengan menjamurnya industri kuliner, maka bisnis kuliner ini pun bukan tanpa hambatan dan kesulitan. Persaingan semakin ketat dan untuk bertahan kita harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kedai kuliner lain. Pada dasarnya, bisnis kuliner ini melibatkan segala bidang seperti pengadaan peralatan dan bahan mentah, control kualitas, inovasi menu, strategi harga dan banyak lagi yang lainnya.

Alangkah lebih baiknya jika bisnis kuliner ini digeluti oleh seorang yang hobi makan. Suatu bisnis yang berawal dari hobi akan lebih cepat maju dan berkembang. Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya Anda untuk mempelajari terlebih dahulu apa saja hal yang perlu diperhatikan seperti yang saya kutip dari aviva.co.id, di antaranya :

Belajar ke orang yang sudah berpengalaman.

Sebelum memulai suatu bisnis, Anda perlu untuk mempelajarinya terlebih dahulu cara mengembangkan usaha kuliner dari para ahli. Informasi tersebut akan memberi pencerahan dan motivasi terhadap diri sendiri dalam pencapaian kesuksesan.

Identifikasi produk.
Identifikasi produk sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis makananan yang banyak diminati orang. Hal tersebut menjanjikan untuk prospek bisnis jangka panjang Anda. Jangan mudah tergoda untuk melirik usaha makanan yang sedang trend. Memang ketika sedang trend kuliner Anda akan laku keras, tapi jika sudah lewat masa-masa itu Anda bisa mengalami kerugian karena permintaan berkurang. Oleh karenanya, makanan trend sediakan saja sebagai menu pelengkap bukan menu utama. 

Standarisasi resep dan meyakini kemampuan.
Ketika hendak membuka usaha kuliner, penting bagi Anda untuk mengukur kelayakan masakan yang akan Anda jual. Bagikan masakan Anda kepada teman, saudara atau keluarga Anda dan mintalah pendapat kepada mereka tentang cita rasa produk Anda. Pendapat mereka bisa menjadi masukan berharga untuk Anda. Jika masakan Anda mendapat tanggapan positif maka yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah jangan sampai orang luar megetahui resep masakan Anda. Anda perlu memisahkan resep biasa dan resep rahasia Anda. Untuk menjaga kelangsungan usaha kuliner, Anda juga perlu mengembangkan inovasi-inovasi pada resep Anda agar selalu menjadi pilihan utama para pelanggan. Kemampuan juga merupakan modal yang amat penting dalam melakukan usaha apapun, termasuk kuliner. Kemampuan diri juga bisa ditingkatkan dengan terus mempelajari lebih dalam tentang bisnis yang sedang digeluti.

Membentuk tim.
Tim adalah orang-orang yang dapat membantu kelancaran bisnis Anda, untuk permulaan Anda bisa meminta tolong bantuan tenaga kepada kerabat atau saudara. Jika keuntungan sudah mencukupi, Anda bisa menyewa jasa dan tenaga orang lain sesuai kebutuhan.

Memasarkan produk.
Strategi pemasaran sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Distribusi merupakan aspek penting di dalamnya. Apabila Anda memiliki modal besar bisa mencoba untuk membuka beberapa outlet sekaligus, tapi jika terbatas fokuskan dulu pada satu outlet. Lokasi juga penting untuk diperhatikan, pilihlah lokasi yag dekat dengan keramaian. Selain itu, promosi juga hal yang tak kalah penting, Anda perlu untuk menyebarkan brosur produk Anda kepada orang banyak. Perkembangan teknologi juga dapat membantu Anda memasarkan lebih luas produk Anda. Caranya yaitu dengan promosi melalui web dan jejaring sosial, cara tersebut cukup ampuh menarik minat pelanggan untuk datang ke outlet Anda.

Sekian postingan Tips Memulai Usaha Bisnis Kuliner semoga menjadi info berguna terutama bagi yang berniat membuka usaha dibidang kuliner.

Sumber Artikel : aviva.co.id