TIPS CARA MENYIMPAN DAGING AGAR AWET

Daging Segar
Sebagai keluarga kecil dengan dua anak, kadang kala ketika membeli daging kebanyakan dan tidak habis dipakai untuk masak pada hari ini juga. Atau Anda pernah punya pengalaman dapat banyak daging saat Hari Raya Idul Adha dimana banyak tetangga yang berkurban dan Anda sebagai tetangga juga diberikan. Bila kondisi demikian tentunya kita butuh cara menyimpan daging agar tahan lama. Karena bila kita tidak tahu cara untuk menyimpan daging dengan baik maka daging tersebut gampang busuk dan basi sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

Daging segar tahan disimpan di chiller atau penyimpanan dingin hanya 2-3 hari pada suhu dibawah 4oC dan bila ingin menyimpannya lebih lama, masukkan di dalam freezer atau penyimpanan beku. Di freezer pada suhu -18oC sampai -23,5oC, daging bisa bertahan hingga 3 bulan.

Nah bila Anda ingin menyimpan daging dalam freezer dan daging tetap segar dan aman diolah setelah disimpan, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu forum online :
  1. Jangan menyimpan daging dalam ukuran besar, sebaiknya potong-potong daging sebelum disimpan agar pembekuan lebih merata.
  2. Daging harus dalam kondisi segar. Begitu anda dapat daging yang betul-betul segar, pisahkan antara yang mau dimasak hari itu dan yang mau disimpan, jangan menunda waktu untuk menyimpan.
  3. Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa bila diolah, dan alot.
  4. Bila hendak digunakan, cairkan (thawing) daging. Ada 3 cara pencairan, yaitu di pindahkan ke chiller selama 12-24 jam, dibiarkan dalam temperatur ruang, dan letakkan di wastafel sambil dikucuri air keran dalam keadaan masih terbungkus plastik.
  5. Daging yang sudah di-thawing tidak boleh dikembalikan ke freezer karena bakteri yang semula tertidur lelap bangun kembali dan mulai merusak daging. Sebaiknya daging yang sudah keluar segera diolah habis, kalaupun mau disimpan masukkan ke chiller, itu pun hanya bertahan 2 hari saja.
Sekian postingan Tips Cara Menyimpan Daging Agar Awet, semoga bermanfaat untuk Anda semua

Sumber Artikel : forum.kompas.com