TIPS SEDERHANA MENGENALI IKAN ASIN YANG MENGANDUNG FORMALIN

Tips Mengenali Ikan Asin Berformalin
Ikan asin merupakan ikan yang sudah diawetkan dan tentunya memiliki masa penyimpanan yang cukup lama. Semakin baik pengawetan maka kualitas ikan tentunya juga ikut baik. Banyak diantara kita menjadikan ikan asin sebagai salah satu variasi menu untuk keluarga dirumah. Saya sendiri sering menyimpan persediaan ikan asin meski tidak terlalu banyak untuk berjaga-jaga bila malas ke pasar dan kepepet lapar.

Bicara ikan asin saat ini kadang kala membuat kita sedikit miris, betapa tidak, saat ini ada banyak pembuat ikan asin dan pedagang nakal yang mencampur ikan asin dengan formalin supaya lebih awet. Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, formalin bukanlah pengawet makanan yang aman dikonsumsi. Formalin yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan banyak penyakit, salah satunya adalah kanker. Karena itu, berhati-hatilah saat membeli ikan asin, jangan sampai ikan asin yang Anda beli sudah tercampur dengan formalin.

Nah berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika membeli ikan asin agar Anda bisa mengetahui bahwa ikan asin mengandung formalin atau tidak? Seperti yang saya kutip dari vemale.com, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Ikan Asin Sangat Awet
Ikan asin yang tidak mengandung formalin biasanya cepat busuk dan rusak jika diletakkan di ruangan biasa. Sedangkan ikan asin yang diberi pengawet bisa tahan hingga 1 bulan lebih.

Bau Khas Ikan Asin Hilang
Ikan asin biasanya berbau tidak sedap dan ada aroma khasnya. Jika Anda tidak mencium aroma tersebut dan bahkan tidak ada aroma apapun pada ikan asin itu, kemungkinan karena sudah dicampur formalin.

Daging Lebih Keras dan Alot
Daging ikan asin biasanya mudah hancur dan rapuh. Anda harus waspada pada ikan asin yang dagingnya alot, keras dan susah diambil dengan tangan. Formalin akan membuat bahan makanan lebih alot dan tidak mudah hancur.

Tidak Dihinggapi Lalat dan Kucing Tidak Mau
Lihatlah di bagian atas ikan asin, apakah ada lalat yang hinggap? Jika ada, itu adalah hal yang baik, karena lalat biasanya punya sensor lebih peka, sehingga mereka tidak mau hinggap di bahan makanan yang sudah tercampur bahan kimia. Coba tes juga ikan asin dengan memberinya pada kucing, jika kucing tampak menolak, ada kemungkinan ikan asin itu mengandung formalin.

Sekian postingan Tips Sederhana Mengenali Ikan Asin Yang Mengandung Formalin, semoga tips ini bermanfaat untuk Anda penyuka kuliner ikan.

Sumber Artikel : vemale.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel