RESEP KUE BUGIS

Kue Bugis
Sampai saat ini (saat saya posting ini) saya masih bingung dan belum menemukan alasan kenapa kue ini dinamakan kue bugis, apa mungkin karena kue ini dulu dibuat atau popular di daerah bugis, siapa tahu diantara pembaca ada yang tahu, saya berharap ada masukan silahkan dikoment dibawah ya.

Kali ini saya tidak membahas masalah penamaan kue ini karena memang ilmu saya tidak sampai kesana, namun yang saya ingin berbagi adalah langkah-langkah membuat kue bugis seperti yang saya kutip dari ebook 25 makanan tradisional, silahkan disimak :

Bahan Kue Bugis :
200 gr tepung ketan
1 sdm gula putih
175 mili liter santan dari 1/2 butir kelapa
3 tetes pewarna hijau

Untuk isian :
100 gr hasil parutan kelapa muda (parut secara kasar saja)
50 gr gula merah, disisir halus
1 lembar daun pandan
1/8 sendok teh garam atau sesuai selera

Cara membuat Kue Bugis :
Membuat isi : kelapa dimasak bersama gula merah, daun pandan, dan garam Hingga berminyak, angkat Kemudian biarkan dingin.
Campurkan tepung ketan dan gula pasir. Tuangkan santan secara bertahap Lalu tambahkan pewarna hijau sambil diuleni. Sisihkan.
Bulatkan adonan tepung ketan sebesar kelereng masukkan isi lalu bulatkan lagi. Kukus selama 15 menit sambil sesekali dibuka tutupnya.
Setelah agak dingin, bungkus dengan daun pisang.
Bisa dibuat untuk 30 buah

Sekian postingan Resep Kue Bugis, semoga bermanfaat bagi Anda terutama penyuka makanan kue tradisional berbahan dasar tepung ketan

Sumber Resep : Ebook 25 Resep Kue Tradisional