RESEP KUE KEMBANG GOYANG

Kue Kembang Goyang
Salah satu kue yang sering saya lihat waktu kecil dulu saat lebaran di rumah nenek adalah kue kembang goyang. Kue yang berbahan dasar tepung beras ini cukup diminati. Namun saat ini keberadaan kue ini seakan tergeser oleh kue modern dan kue instan lainnya. 

Untuk mengobati rasa kangen dan susahnya mendapatkan kue ini di kota tempat saya bertugas saat ini, maka postingan kali ini saya akan berbagi resep kue kembang goyang. Siapa tahu ada yang berminat membaca peluang BISNIS kue yang sudah agak langka ini.

Dikatakan kue kembang mungkin karena bentuk seperti bunga (kembang) dan cara masaknya (saat digoreng) harus digoyang-goyang agar kue terlepas dari cetakan, mungkin kondisi ini membuat kue ini dinamakan Kue Kembang Goyang.

Terlepas dari penamaan, berikut langkah-langkah membuat kue kembang goyang yang saya kutip dari ebook kue tradisional, silahkan disimak :

Bahan Kue Kembang Goyang :
  • 200 gr tepung beras
  • 65 gr gula pasir halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sdm wijen
  • Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Kue Kembang Goyang :
  1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk sampai merata.
  2. Tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, kemudian masukkan ke dalam minyak sambil digoyang–goyang sampai kue terlepas dari cetakan.
  5. Goreng kue sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau bisa disimpan dalam stoples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya dan lebih tahan lama.
Sekian postingan Resep Kue Kembang Goyang, semoga bermanfaat bagi Anda terutama penyuka makanan kue tradisional berbahan dasar tepung beras.

Sumber Resep : Ebook 25 Resep Kue Tradisional

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel