RESEP SEMUR JENGKOL

Awalnya saya pribadi kurang suka dengan masakan yang berbahan jengkol, selain karena baunya yang kurang enak ditambah lagi di kampung halaman saya jarang orang memasak jengkol. Nah setelah sempat merantau hampir setahun ke pulau Jawa karena tugas dari tempat kerja, kemudian barulah saya timbul rasa suka dengan masakan ini, rupanya jengkol kalau diolah dengan baik juga rasanya Makyuss.
Karena itu kali ini saya ingin berbagi Resep Semur Jengkol yang saya ambil dari postingan disalah satu forum online, siapa tahu bisa saya praktekkan dirumah bersama istri tercinta :

Bahan yang digunakan :
500 gram jengkol, pilih yang tua
1000 ml (1 liter) air
7 sdm Kecap Manis
1 sdm gula merah sisir
1/2 butir pala, diparut
1 sdt lada
3 sdn minyak untuk menumis
1 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun salam

Bahan untuk Bumbu Halus
6 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdt garam
2 cm kunyit
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri
2 buah cabe merah biasa

Cara Membuat Semur Jengkol :
1. Rebus jengkol sampai matang, setelah itu buang kulitnya dan dipipihkan.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, daun salam dan serai sampai harum dan matang sempurna.
3. Masukkan jengkol, air, gula, lada, pala. Masak dengan api kecil hingga mengental.
4. Tambahkan kecap manis, masak sebentar lalu diangkat.

Untuk 4 porsi

Tips Menghilangkan Bau Jengkol:

Jengkol terlebih dahulu direndam dan direbus hingga air mendidih. Proses perebusan inilah yang membuat bau jengkol berangsurangsur hilang. Selain itu, perebusan yang dilakukan juga berfungsi supaya biji jengkol menjadi lunak. Usai lunak, jengkol tersebut dipipihkan dengan cara perlahan.

Hal yang perlu diperhatikan, bagaimana cara memasaknya yang baik dan benar. Sebelum direbus, kulit jengkol terlebih dulu dikupas lalu dibuang. Penumisan bumbu yang dilakukan hingga bumbu terasa harum. Setelah itu masukkan jengkol, salam, serai, tomat, kecap manis, air, garam, dan lada. Tunggu sampai matang dan nikmati.

Sekian postingan Resep Semur Jengkol dan Tipsnya, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya pencinta kuliner berbahan dasar jengkol yang baunya wangi minta ampun he he he.

Sumber Resep : kaskus.co.id