RESEP OTAK-OTAK KHAS BANGKA

Sudah setahun rasanya saya tidak lagi memposting resep masakan di blog ini karena kesibukan offline dan mood mencari info resep sedang menurun, maklum karena saya sedang mengikuti pendidikan, melanjutkan rencana cita-cita yang sempat tertunda meski agak sedikit menjauh dari keahlian awal saya. 

Kini kerinduan untuk memposting atau berbagi kembali hadir setelah berbincang-bincang dengan kawan dari luar daerah akan keinginan berbisnis makanan. Saya jadi teringat lagi akan blog ini yang telah lama saya tinggalkan. Mudah-mudahan semangat posting kembali juga diikuti oleh makin banyaknya rezeki dari klik iklan yang terpampang di sela-sela blog (walau tidak mengharap, namun bila ada yang berkenan membantu diucapkan terima kasih)

Oiya kali ini saya ingin berbagi Resep Otak-otak khas Bangka. Resep ini saya ambil dari salah satu blog mengingat saya lupa mencatat saat kawan saya dari Bangka Belitung datang dan menceritakan bisnis dan resepnya, meski agak sedikit beda mudah-mudahan agak samalah (rencananya kawan tersebut akan membuat bisnis makanan khas Bangka khususnya otak-otak dan akan dijual online).

Makanan otak-otak sebenarnya tidak hanya di Bangka dimana saya juga pernah memposting Resep Otak-Otak ala Banten, namun tiap daerah tentunya berbeda citarasanya. Nah Otak – otak ini adalah salah satu makanan tradisional khas bangka yang berbahan dasarnya dari ikan laut, atau ikan tenggiri, yang di bungkus dengan daun pisang kemudian di panggang di atas bara api. Otak – otak memiliki rasa yang enak dan gurih serta teksturnya itu agak sedikit kenyal. Camilan yang satu ini paling enak apabila di sajikan dengan sambal kacang-cuka yang menyegarkan.

Nah berikut beberapa langkah membuat Otak – Otak Khas Bangka seperti yang saya kutip dari salah satu blog, silahkan disimak :

Bahan-bahan yang diperlukan :
Daging ikan tengiri sebanyak 1 kg (Apabila tidak ada bisa bunda ganti dengan ikan tuna, kuwe, dan ikan berdaging putih lainnya)
Santan kental dingin sebanyak 400 ml (sebaiknya di simpan dulu santan di lemari es sebelum mau di gunakan)
Gula pasir sebanyak 150 gram
Tepung sagu tani sebanyak 150 gram
Putih telur sebanyak 100 ml

Bahan Bumbu
Garam sebanyak 30 gram
Daun bawang yang sudah diiris halus sebanyak 5 sendok makan
Bawang merah yang sudah diiris halus sebanyak 2 sendok makan
Bawang putih yang sudah diiris halus sebanyak 2 sendok makan
Lada sebanyak 1 sendok teh

Resep Sambal Kacang
Bahan Untuk Sambal Kacang
Air sebanyak 750 ml
Kacang tanah goreng, sebanyak 250 gram, lalu dihaluskan
Cabe rawit, sebanyak 100 gram atau sesuai selera
Gula sebanyak 5 sendok makan
Cuka sebanyak 3 sendok makan
Garam sebanyak 3 sendok teh

Cara Membuat Sambal Kacang
Masak semua bahan-bahan di atas menjadi satu hingga matang dan kental

Cara Membuat Otak-otak:
  1. Masukkan 1 kg ikan tenggiri dengan santan dan semua bahan bumbu ke dalam blender (kecuali daun bawang). Lalu proses sebentar saja, kemudian masukkan 100 ml putih telur, 150 gram tepung sagu dan 150 gram gula pasir, blender kembali hingga tercampur rata dan mengental.
  2. Keluarkan adonan dari tabung blender, lalu uleni menggunakan tangan dan banting-banting agar adonan menjadi kenyal nantinya.
  3. Pada plastik segitiga yang sudah di beri lubang ujungnya, masukkan adonan otak-otak lalu semprotkan ke atas 1 lembar daun pisang, kemudian gulung dan semat pada kedua ujungnya dengan lidi, lakukan terus sampai adonan habis.
  4. Apabila semua adonan sudah di bungkus, sebelum di panggang sebaiknya di kukus dahulu sebentar, kemudian panggang agar hasilnya nanti akan lebih enak dan wangi
Nah sekian postingan Resep Otak-otak khas Bangka, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan jangan lupa juga dicek resep masakan lainnya di blog kesayanagan ini.

Sumber artikel : inirecipes.id