RESEP MEMBUAT SUSU KEDELAI SEHAT

Susu Kedelai
Meski sedikit melenceng dari tema resep masakan, namun kali ini saya ingin berbagi cara membuat susu kedelai. Susu kedelai sangat baik untuk kesehatan, anak saya yang kecil sangat suka dengan susu ini. Biasanya kami membeli di warung. Namun kadang kala tidak tiap hari minuman ini tersedia, alhasil mau tidak mau harus mengolahnya sendiri dirumah.

Membuat susu kedelai sehat bisa dilakukan dengan mudah. Kacang kedelai mengandung kadar protein yang tinggi dan lechitin. Protein sendiri berguna untuk pembentukan sel otot sedang lechitin bisa membangun kecerdasan dan daya ingat sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak.

Kedelai banyak dijadikan berbagai macam olahan, salah satunya adalah susu kedelai. Jika Anda ingin merasakan kelezatan sekaligus manfaatnya, Anda dapat membuat susu kedelai sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.
  • Cuci bersih kedelai yang akan digunakan dengan air mengalir sampai bersih.
  • Setelah di cuci bersih, rebus kedelai kurang lebih selama 15 menit, lalu rendam dengan air bersih selama 10-12 jam. Hal ini bertujuan untuk melunakkan kedelai serta agar mudah melepas kulit arinya.
  • Setelah direndam, cuci kembali dengan air bersih mengalir, sambil meremas-remas kedelai agar kulit arinya terlepas.
  • Blenderlah kedelai hingga halus sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Campurlah kedelai yang sudah halus dengan air panas secukupnya dan aduk sampai rata. Kemudian saringlah dengan kain filter untuk mendapatkan sari dari kedelai.
  • Rebuslah susu kedelai setengah jadi hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan susu kedelai dari bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.
  • Selanjutnya kecilkan api dan biarkan susu kedelai di atas kompor selama 15 menit sambil terus di aduk agar tidak mudah basii.
  • Terakhir tambahkan gula dan garam sesuai dengan selera ke dalam rebusan susu kedelai, tambahkan juga vanili untuk menambah aroma, atau bahan-bahan lainnya seperti jahe, pandan dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda.
  • Susu kedelai sehat pun telah jadi dan siap untuk dihidangkan ditengah keluarga tercinta.
Jika cuaca sedang terik, ada baiknya susu kedelai sehat dimasukkan ke dalam kulkas atau ditambahkan dengan es batu.

Sekian Postingan Cara Membuat Susu Kedelai Sehat, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menyiapkan makanan sehat untuk buah hati dirumah.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

Post a Comment for "RESEP MEMBUAT SUSU KEDELAI SEHAT"