RESEP JENGKOL KECAP PEDAS


Jengkol Kecap Pedas
Masakan berbahan dasar jengkol memang beragam. biasanya jengkol diolah menjadi lauk pelengkap makan nasi. pernah juga saya mendengar jengkol diolah menjadi keripik jengkol, namun saya belum pernah melihat langsung apalagi mencobanya.

Sebelumnya saya sudah memposting Resep Sambal Goreng Jengkol dan Resep Semur Jengkol Asli Betawi, kali ini saya ingin berbagi Resep Semur Jengkol Asli Betawi yang saya kutip dari postingan salah satu forum online, silahkan disimak :

Bahan :
  • 15 butir jengkol
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • Gula merah secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • 20 butir cabai kriting
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir tomat
Cara Membuat Jengkol Kecap Nan Pedas:
  1. Rebus jengkol dan beri sedikit garam.
  2. Jika jengkol sudah empuk angkat dantiriskan.
  3. Jengkol yang sudah ditiriskan dimemarkan (dipukul-pukul).
  4. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan hingga wangi.
  5. Masukkan jengkol yang telah dimemarkan, kecap manis, kecap asin, gula merah, garam dan penyedap rasa.
  6. Aduk dan siap dihidangkan.
Tips:
Masakan ini bisa dibuat dengan dua cara sesuai selera, yaitu:
1. Berkuah, tinggal dalam memasaknya ditambah air
2. Kering. Diamkan bersama nasi hangat,lalap, sambal dan ikan asin.

Sekian postingan Resep Jengkol Kecap Pedas, semoga bermanfaat terutama yang lagi ingin membuat masakan istimewa dengan bahan jengkol.

Sumber Resep : kaskus.co.id