RESEP KUE LAPIS BERAS

Kue Lapis Beras
Kemaren saya sempat pulang kampung mengunjungi nenek yang habis dioperasi mata karena katarak. Untuk postingan tentang penyakit mata dan pencegahannya bisa dibaca di salah satu blog saya yang lain yaitu Bale Obat yang khusus membahas masalah manfaat buah-buahan untuk kesehatan.

Kembali ke masalah pulang kampung kemaren, disana saya sempat mampir minum kopi di salah satu warung dan menemukan kue lapis beras. Hal ini yang mendorong saya mencoba memposting resep kue lapis beras ini meski tentunya resep ini bukan saya buat namun saya kutip dari salah satu ebook yang sempat nangkring di laptop saya

Berikut langkah-langkah membuat Kue Lapis Beras, silahkan disimak :

Bahan Kue Lapis Beras :
  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu
  • 300 gr gula pasir
  • 950 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 3 lembar daun pandan, potong - potong 5 cm
  • 3 macam pewarna makanan sesuai selera
  • 1/2 sdt garam minyak goreng untuk olesan

Cara membuat Kue Lapis Beras :
  1. Masak santan, gula, daun pandan dan garam.
  2. Setelah mendidih sisihkan dan diamkan hingga menjadi hangat.
  3. Sementara dalam wadah lain campur rata tepung beras, tepung sagu lalu tuang santan hangat sedikit demi sedikit. Aduk hingga santan tercampur rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing - masing masukkan pewarna makanan, aduk rata.
  5. Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm, olesi minyak goreng.
  6. Panaskan loyang kosong dalam panci kukus +/- 10 menit.
  7. Tuang 2 sendok sayur adonan pertama, kukus +/- 7 menit.
  8. Tuang di atasnya 2 sendok sayur adonan kedua, kukus +/- 4 menit.
  9. Tuang 2 sendok sayur adonan ketiga, kukus +/- 4 menit.
  10. Ulangi hingga semua adonan habis.
  11. Terakhir kukus hingga matang dan mengeras +/- 30 menit.

Sekian postingan Resep Kue Lapis Beras, semoga bermanfaat bagi Anda terutama penyuka makanan kue tradisional.

Sumber Resep : Ebook 25 Resep Kue Tradisional