TIPS DAN TRIKS SEPUTAR MASALAH DAPUR ANDA

Tips dan Triks Berguna di Dapur
Bekerja di dapur baik karena anda bekerja sebagai koki atau ibu rumah tangga pasti banyak mengalami berbagai masalah yang mungkin terkesan sepele namun cukup membuat repot dan membuang waktu anda. Berikut beberapa masalah dan solusi yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah, mudah-mudahan bisa membuat suasana memasak Anda tidak digangu oleh hal kecil ini.

1. Toples gula di kerubutin banyak semut?
Mungkin ada sebagian dari kita kesal saat tau toples tempat gula di kerubuti banyak semut, jadi ilfil kalo mo bikin teh/kopi, mau misahin satu2 kelamaan.
Tips : Memasukkan daun sirrih ke dalam toples. dijamin semut jadi ikutan ilfil makan gula.

2. Mengiris bawang pedih dimata?
Hampir tiap hari kita pasti memakai bawang merah pada menu masakan dan tentunya pedas di mata sudah tidak asing lagi buat kalian yang sering mencacahnya.
Tips : Pada saat mencacah sediakan aja lilin. nyalakan lilin di depan kita saat mencacah bawang merah, atau bisa juga kita sediakan garam kotak di depan kita, dan bisa juga dengan mengigit batang korek api, namun cara terakhir jangan dicoba jika bawang yang dicacah lumayan banyak ya... hanya untuk jumlah terbatas aja.

3. Merebus telur dengan jumlah banyak?
Pada saat kita ada acara keluarga atau acara lainya dan kita ingin merebus telur dengan jumlah yang banyak, 1 kg misalnya.
Tips : Panaskan air hingga mendidih lalu matikan api, masukkan telur 1 per satu dengan hati2  lalu biarkan telur dalam air panas kurang lebih 10 menit dengan panci tertutup ya, setelah 10 menit nyalain deh itu api... dan hasilnya akan kita dapati telur rebus yang cantik2 dan tidak pecah.

4. Merebus telur dengan cepat?
kalo ingin merebus telur dengan jumlah terbatas, 5 misalnya dan ingin segera cepat matang.
Tips : masukkan 1 sendok makan garam pada air rebusan telur, usahakan hati-hati waktu memasukkan telur agar tidak pecah dan agar tidak asin rasanya.

5. Mengupas telur asin dengan rapi?
Terkadang saat kita beli telur asin di warung dan kita kupas maka daging telur terkadang ikutan terkelupas....dari pada terbuang sia2.
Tips : masukkan telur yang baru kita beli ke dalam magicjarr sekitar 5 menit lalu kupas, maka kulit telur akan terkelupas dengan baik tanpa melekat pada daging telur...

6. Menanak nasi dengan cepat?
Saat ada acara hajatan mungkin nasi yang kita tanak bisa sampai 10kg sekali menanak, dan jika kita menggunakan api besar tentu akan cepat matang.
Tips : triknya untuk "membooster" agar nasi lebih cepat lagi matangnya... yakni dengan menancapkan 1 lombok/cabai pada nasi yang kita tanak.

7. Nasi cepat basi?
Saat sore hari mungkin nasi yang tidak dimasukkan ke magicjarr akan cepat berbau, walau tidak basi namun hal ini akan mengurangi selera makan kita bukan..?
Tips : saat menanak nasi pada rebusan pertama campurkan perasan jeruk nipis setengah potong aja untuk 1kg. cara ini hanya digunakan jika kita memasak dengan cara konvensional alias tidak memakai magic com.

8. Gentong air, bak mandi, tandon air, aquarium cepat ber lumutan?
Tips berikut bisa dicoba saat gentong untuk menyimpan air di dapur cepat berlumut, pada saat menguras gentong/bak dengan menggosok lumut menggunakan garam, alhasil gentong bisa tahan lebih lama dari lumut.

9. Tangan kepanasan karena cabai?
Istilah jawanya "wedangen" tangan akan terasa panas saat kita makan sambal dengan menggunakan tangan 
Tips : saat mencuci tangan gunakan sedikit garam untuk mencuci tangan maka akan mengurangi rasa panasnya.

10. Agar sambal tahan lama?
Saat kita membuat sambal segar mungkin akan bertahan 1 hari,
Tips :  tambahkan sedikit minyak goreng bekas untuk menggoreng pada ulekan sambel kita.

11. Merebus Mie
Jika kita ingin membuat mi (bukan mie instan) misalnya mi telur, agar mi lebih kenyal, tidak mudah putus dan lebih cantik.
Tips : saat merebus mie campurkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam air rebusan.

12. Membersihkan pisau yang karatan?
Saat pisau lama tidak terpakai maka akan timbul noda karat ke coklat-coklatan.
Tips : Nah coba tips ini, jika pisau anda masih tajam dan hanya ada noda karat saja, maka ambil batang daun pisang lalu potong, nah gosok-gosokan ke pisau yang berkarat tersebut... setelah itu di cuci dan keringkan.

13. Memarut kelapa dengan parutan tradisional?
Tips ini saya dapat dari penjual putu, karena saat putu lupa saya makan keesokan harinya parutan kelapa tidak basi, karena penasaran saya bertanya ke penjualnya.
Tips : saat memarut kelapa usahakan vertikal jadi hasil parutan akan panjang2 dan santan tidak terbuang sia2. karena santan masih rapat terkunci di serbuk parutan kelapa maka hasil parutan kelapa akan tahan lama dan tidak mudah basi.

14. Agar nasi wangi
Agar nasi yang kita tanak berbau sedap dan tidak kalah sama beras import thailand, maka saat menanak nasi masukkan 1 daun pandan, maka nasi hasil tanakan akan lebih menggugah selera deh...

15. Menggoreng cabai
Adakalanya saat kita memasak sesuatu yang pedas, maka seisi rumah pada bersin-bersin karena baunya.
Tips : masukkan sedikit gula ke tumisan kita... ya dikira kira aja jangan sampai kebanyakan agar tidak merubah rasa..

Sekian postingan Tips dan Triks Seputar Masalah Dapur Anda, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel